6 Hacker Paling TOP Sedunia

8 Feb 2013

Belakangan ini definisi hacker semakin kabur karena ulah media massa yang mencampuradukkan pengertiannya dengan cracker. Media sering kali memberi label hacker pada mereka yang melakukan aksi deface situs-situs pemerintah atau non-pemerintah, padahal mereka itu bukan hacker. Label hacker seharusnya diberikan bagi mereka yang memberikan sumbangsih dalam perkembangan (namun tidak terbatas pada) teknologi komputasi. Dalam postingan kali ini kita akan berkenalan dengan 6 hacker paling top di dunia. Daftar ini murni pendapat saya pribadi dan tentu saja bisa jadi sangat subjektif. Sobat dblogger dipersilakan menambahkan daftar ini di kolom komentar.

1. Dennis M. Ritchie

Memiliki nama lengkap Dennis MacAlistair Ritchie, adalah seorang ilmuwan komputer asal Amerika Serikat. Secara pribadi saya akan dengan senang hati memberikan gelar “Bapak Komputasi Modern” bagi beliau. Jasa-jasanya dalam perkembangan teknologi komputasi masa kini sangatlah besar. Bersama dengan Ken Thompson beliau menulis UNIX. UNIX merupakan sistem operasi modern pertama yang hingga kini menjadi rujukan dalam disain berbagai sistem operasi canggih. BSD (beserta variannya) dan Linux (beserta distro turunannya) adalah dua sistem operasi yang populer di kalangan hacker dan ilmuwan, keduanya mengadopsi konsep sistem operasi yang diimplementasikan di UNIX.

Selain UNIX, karya besar lain yang lahir dari tangan dingin seorang Dennis Ritchie adalah bahasa C. C adalah bahasa pemrogaman yang dikembangkan dalam rangka pembuatan UNIX, sebagai perbaikan terhadap bahasa B. Bahasa C kini banyak digunakan untuk pengembangan sistem yang membutuhkan akses langsung ke perangkat keras. Bahasa C juga menjadi dasar bagi banyak bahasa pemrograman baru. PHP misalnya menggunakan dialek yang mirip dengan C. Tanpa bahasa C kita tidak akan pernah melihat sistem operasi Linux yang banyak digunakan hacker.

Dennis Ritchie meninggal dunia pada 12 Oktober 2011.

2. Richard M. Stallman

Sering menyebut dirinya sendiri sebagai Saint iGNUcius, adalah seorang old school hacker. Sering menggunakan inisial RMS dan lebih terkenal dengan nama tersebut di dunia maya. RMS adalah penggagas proyek GNU yang bercita-cita untuk membuat sistem operasi bebas dan gratis yang mirip dengan UNIX namun bukan UNIX. GNU sendiri merupakan singkatan rekursif dari GNU’s not UNIX. Berbagai perkakas dan pustaka yang dihasilkan dari proyek GNU kini banyak digunakan dalam pengembangan berbagai perangkat lunak bebas. Salah satu mahakarya yang dihasilkan proyek GNU tentu saja GCC (GNU Compiler Collection) yang nantinya akan digunakan oleh Linus Torvalds untuk mengembangkan sistem operasi Linux. Selain itu RMS juga mengembangkan Emacs yang merupakan editor teks super canggih yang sangat banyak digunakan para hacker Linux.

RMS juga merupakan seorang hacktivist yang sangat giat mempromosikan Free Software dan gerakannya. Ia juga membuat konsep copyleft yang merupakan kebalikan dari copyright. Konsep copyleft ini tertuang dalam lisensi GPL (GNU General Public License) yang menjadi lisensi utama dalam berbagai perangkat lunak bebas (Free/Open Source Software atau FOSS). Dalam lisensi GPL terdapat empat kebebasan yang wajib dimiliki pengguna perangkat lunak komputer, yaitu:

  1. Freedom 0: The freedom to run the software for any purpose.
  2. Freedom 1: The freedom to study how the program works, and change it to do what you wish.
  3. Freedom 2: The freedom to redistribute copies so you can help neighbor.
  4. Freedom 3: The freedom to improve the program, and release your improvements (and modified versions in general) to the public, so that the whole community benefits.

Konsep kebebasan yang dikenal sebagai The Four Freedom of Free Software inilah yang mengilhami gerakan para hacker yang mengembangkan perangkat lunak dan membagikannya ke khalayak ramai tanpa memungut bayaran. Kini beliau banyak melakukan perjalanan keliling dunia untuk mempromosikan konsep dan gerakan Free Software.

3. Linus B. Torvalds

Linus Benedict Torvalds adalah seorang Finlandia yang lahir pada 28 Desember 1969. Linus adalah seorang ilmuwan dan hacker yang membidani lahirnya kernel Linux. Berawal dari sebuah email bersejarah yang ia kirimkan ke newsgroup Minix, kini sistem operasi GNU/Linux telah menjadi sistem operasi paling populer di kalangan ilmuwan, hacker, dan digunakan oleh hampir semua situs terkenal. Google, Facebook, Twitter, Yahoo, Amazon, Wikipedia, sebutkan situs besar apa saja, mereka menggunakan Linux untuk melayani para penggunanya. Tanpa Linux, kita tidak akan pernah mengenal Android yang kini merajai pasar ponsel pintar.

Di awal pengembangan kernel Linux, Linus Torvalds sangat banyak berkontribusi dalam penulisan sistem. Namun kini seiring dengan banyaknya perusahaan dan perorangan yang membantu pengembangan Linux, Linus hanya berperan sebagai komandan yang bertugas menyatukan berbagai improvisasi dari hacker yang tersebar di seluruh dunia dan merilisnya ke publik. Ia tak banyak terlibat lagi secara langsung dalam penulisan kode Linux.

Selain Linux, tokoh yang terkenal dengan kutipan “Talk is cheap show me the code!” ini juga merupakan penulis sistem kontrol revisi bernama Git. Git ini awalnya dikembangkan untuk mempermudah koordinasi penulisan kode sumber di antara sesama hacker Linux. Kini Git banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak baik yang bersifat bebas maupun di kalangan internal perusahan-perusahaan pengembangan perangkat lunak.

4. Eric S. Raymond

Eric Steven Raymond atau sering dikenal sebagai ESR adalah seorang open source advocate dan hacktivist berkebangsaan Amerika yang lahir pada 4 Desember 1957. Ia adalah penggagas Open Source Movement yang dimaksudkan untuk mempercepat adopsi perangkat lunak kode terbuka di dunia enterprise. Gagasan ini, menurut Eric S Raymond, perlu karena kebanyakan orang tidak suka dengan konsep ‘free’ dalam gerakan Free Software. Orang memang banyak menyalahartikan konsep free sebagai gratis bukan bebas sebagaimana dimaksud dalam gerakan Free Software. Untuk mendukung gerakan open source ia mendirikan Open Source Iniatives (OSI).

Beberapa karyanya yang terkenal adalah The Cathedral and The Bazaar, The Art Of Unix Programming, dan The New Hacker’s Dictionary. Ia juga merupakan pengelola apa yang kini dikenal sebagai Jargon File. Ia sempat menulis CML2 yang diajukan sebagai sistem konfigurasi kode sumber Linux namun mendapat penolakan dari komunitas pengembang kernel. Ia juga berkontribusi pada game The Battle For Wesnoth.

5. Tim Berners-Lee

Kita tidak akan pernah mengenal situs web tanpa jasa seorang Tim Berners-Lee. Kita juga tidak akan mau membayangkan seandainya saja Tim mendaftarkan hasil kerjanya menjadi sebuah hak paten. Kita tidak akan bisa menikmati akses ke situs web dengan gratis seperti sekarang jika hal itu terjadi. Hebatnya Tim Berners-Lee memberikan semua hasil kerjanya kepada publik secara bebas tanpa memungut bayaran.

Ia adalah penemu World Wide Web atau yang lebih populer kita kenal sebagai WWW. Pria kelahiran Inggris 8 Juni 1955 ini pertama kali mengajukan proposal tentang implementasi sebuah sistem klien dan server HTTP pada tahun 1989. Ia kini menjadi direktur Word Wide Web Consortium (W3C) yang mengawal keberlangsungan pengembangan Web. Tim Berners-Lee hingga kini masih aktif terlibat secara langsung dalam pengembangan Web 3.0, sebuah konsep yang memungkinkan mesin komputer akan mengenal isi dari suatu halaman web. Web 3.0 ini sering juga dikenal sebagai Semantic Web dan digadang-gadang sebagai salah satu masa depan Internet.

Untuk semua jasanya bagi perkembangan dunia teknologi, ia telah dianugerahi gelar kesatria oleh Ratu Elisabeth II sehingga kini nama lengkapnya telah berubah menjadi Sir Tim Berners-Lee.

6. James Gosling

Zaman sekarang siapa sih yang tidak memiliki ponsel? Dari ponsel layar monokrom hingga ponsel pintar. Namun tidak banyak yang tahu bahwa kebanyakan aplikasi di ponsel dikembangkan menggunakan bahasa pemrogramanJava. Bahkan aplikasi-aplikasi Android dan Blackberry pun kebanyakan dikembangkan di atas bahasa Java. Dan tidak banyak yang tahu juga bahwa bahasa Java dibuat oleh James Gosling.

James Gosling lahir di Kanada pada tanggal 19 Mei 1955. Ia sangat dikenal di kalangan ilmuwan dan hacker atas jasanya menemukan bahasa pemrograman Java. Bahasa ini kini banyak digunakan di dunia mobile computing dan pengembangan aplikasi berskala enterprise. James Gosling juga adalah pendiri perusahaan Sun Microsystems yang melahirkan banyak teknologi canggih di dunia komputasi. Salah satunya tentu saja adalah sistem operasi legendaris bernama Solaris. Sun Microsystems juga dikenal sebagai perusahaan penghasil perangkat keras khusus server yang banyak digunakan perusahaan-perusahaan besar.

Tahun 2011 sempat tersiar kabar bahwa James Gosling bergabung dengan Google setelah ia keluar dari Sun Microsystems menyusul akuisisi yang dilakukan Oracle terhadap perusahaan itu. Kini ia aktif dalam sebuah proyek dalam sebuah perusahaan startup pengembang robot bernama Liquid Robotics.

Berminat menjadi hacker seperti salah satu dari mereka ini?

Sumber gambar: Wikipedia.


TAGS Tokoh Linux Unix Teknologi Komputer


-

Author

Follow Me