4 Cara Untuk Menjadi Seorang Hacker

11 Feb 2013

Ketika membaca tulisan saya sebelumnya tentang 6 hacker paling top sedunia, banyak orang mungkin berpikir kalau mereka itu adalah orang-orang yang jenius. Tidak bisa kita pungkiri kalau bakat dan talenta itu memang sesuatu yang penting. Ada beberapa orang yang dilahirkan dengan kemampuan yang di atas rata-rata. Tapi tahukah kita kalau para ahli itu, termasuk hacker, dibuat bukan dilahirkan? Seorang hacker hadir dari proses belajar, seorang hacker tidak lahir dan langsung menjadi hacker. Ada tahapan yang harus dilalui, ada attitude yang harus dipunyai, ada kemampuan yang harus diraih sehingga seseorang diakui sebagai hacker.

Mungkin banyak juga yang penasaran bagaimana caranya menjadi seorang hacker? Apa saja yang harus dipelajari dan dimiliki seorang hacker? Setidaknya 4 cara untuk menjadi seorang hacker yang akan saya ungkapkan dalam artikel ini mungkin dapat sedikit menjawab rasa penasaran tersebut. Dan sebagai catatan, saya tidak sedang berusaha sok pintar atau ingin menggurui sobat dblogger. Saya juga bukan seorang hacker. Apa yang ada dalam tulisan ini adalah hasil rangkuman dari tulisan salah satu hacker yang ada dalam daftar 6 hacker top sedunia, yaitu Eric S Raymond. Okay, let’s check this out!

1. Berpikirlah Seperti Seorang Hacker

Bagaimana seorang hacker berpikir? Apa yang ada di otak seorang hacker? Seorang hacker selalu memikirkan bagaimana caranya menyelesaikan suatu masalah dan bagaimana caranya membuat sesuatu. Seorang hacker juga sangat menghargai kebebasan dan mau menolong dengan sukarela. Kalau ingin menjadi hacker, seseorang harus memiliki attitude ini.

Dunia ini dipenuhi berbagai permasalahan yang sangat menarik untuk diselesaikan. Dengan mencoba menyelesaikan permasalahan-permasalahan ini, seseorang akan mempertajam kemampuan dan melatih kecerdasannya. Ingat juga bahwa suatu permasalahan tidak perlu diselesaikan lebih dari sekali. Oleh karena itu jangan pernah merasa enggan untuk membagikan informasi dan solusi terhadap suatu permasalahan. Ini adalah tanggung jawab moral seorang hacker.

Budaya hacker adalah suatu budaya tentang pengakuan. Seseorang tidak dapat menyebut dirinya sendiri sebagai hacker. Seseorang tidak akan pernah benar-benar menjadi hacker sampai orang lain (para hacker) menyebutnya sebagai hacker. Untuk mendapatkan pengakuan ini tentu saja butuh usaha, kerja keras, dan kontribusi kepada komunitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi kepada komunitas:

  • Buatlah perangkat lunak (program) open source.
  • Investasikan waktu luang untuk membantu memperbaiki perangkat lunak open source dengan melakukan debugging.
  • Publikasikan informasi yang berguna.
  • Berikan bantuan untuk menjaga infratstruktur tetap berjalan.

2. Pelajari Pemrograman

Pelajarilah bagaimana caranya menulis program. Untuk benar-benar menjadi seorang hacker kemampuan pemrograman sangatlah penting. Para hacker menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka temui dengan menulis program. Cara paling mudah untuk mempelajari cara menulis program adalah dengan membaca dokumentasi yang ditulis oleh para masternya. Kemudian cobalah menulis program sedikit demi sedikit. Teruslah berlatih untuk mencapai suatu level kemampuan pemrograman yang cukup baik. Jika sudah cukup percaya diri dengan suatu bahasa pemrograman, cobalah untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Mempelajari beberapa bahasa pemrograman akan mengajarkan kita memandang suatu permasalahan dari sisi lain.

3. Kenali dan Gunakan Unix/Linux

UNIX dan sistem operasi yang mengadopsi konsep yang sama seperti Linux dan BSD adalah sistem operasi utama Internet. Namun untuk menggunakan UNIX seseorang mungkin harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Solusinya adalah menggunakan sistem operasi yang open source seperti GNU/Linux (dengan berbagai pilihan distribusi) dan FreeBSD (dan turunan BSD lainnya). Pelajarilah Linux, gunakan distro yang mudah dan ramah untuk pemula seperti Ubuntu. Pasanglah sistem operasi ini di PC atau laptop dan gunakan untuk bekerja/bermain sehari-hari.

Mungkin sebagian orang akan berpikir mengapa harus menggunakan Unix/Linux/FreeBSD? Apakah tidak bisa menggunakan sistem operasi lain? Sistem operasi tertutup seperti Microsoft Windows dan Mac OS tidak akan mengizinkan seseorang untuk mempelajari kode sumbernya apalagi melakukan modifikasi. Belajar menjadi hacker menggunakan sistem operasi seperti itu ibarat belajar menari dengan tubuh dicor.

4. Pelajari HTML

HTML adalah mainan hacker yang telah mengubah dunia. Belajarlah bagaimana cara menggunakan World Wide Web dan menulis kode HTML. Menggunakan Word Wide Web bukan berarti sekedar menggunakan browser dan berselancar di dunia maya melainkan bagaimana caranya membangun suatu situs menggunakan bahasa penanda web (web markup language). Cobalah membangun home page menggunakan sintaks-sintaks HTML.

Sudah siap menjadi seorang hacker sobat dblogger?

Referensi:

  1. Hacker howto
  2. Become a hacker

Sumber gambar: ohinternet.com


    TAGS Komputer Linux Web Pemrograman Hacker


    -

    Author

    Follow Me