2 Komunitas IT Nasional Khusus Untuk Para Srikandi

22 Feb 2013

Peran kaum hawa di dunia teknologi informasi masih sering dipandang sebelah mata. Jika dilakukan survei, jumlah aktivis/penggiat teknologi informasi memang masih didominasi kaum adam. Dominasi pria di bidang teknologi informasi sebenarnya sudah terlihat dari dunia kampus. Jumlah mahasiswa jurusan IT selalu lebih banyak dibandingkan jumlah mahasiswinya. Keadaan ini semakin diperparah dengan kecenderungan para cewek yang telah lulus kuliah dari jurusan IT untuk berkarir di bidang lain. Setidaknya hal ini banyak terjadi dengan teman-teman saya di kampus. Tidak sedikit di antara mereka merasa minder atau kurang cocok ketika ditawari pekerjaan yang berkaitan dengan dunia programming misalnya. Padahal jika dilihat kembali rekam jejak mereka di kampus, kemampuan mereka sebenarnya tidak kalah dengan cowok.

Salah satu kendala yang mungkin membuat para srikandi ini enggan memasuki persaingan dunia kerja di bidang IT adalah kenyataan bahwa memang tidak banyak kaum mereka yang berkarir di sana. Dulu ketika saya magang di Balicamp misalnya, dari sekian ratus orang programmer jumlah programmer perempuan bisa dihitung dengan jari. Selain itu, ketika berada di dunia kampus mereka juga hanya unggul di bidang teori. Saat berhadapan di praktikum biasanya mereka akan diungguli pria. Boleh jadi karena perempuan memang bukanlah makhluk-makhluk yang senang urusan mengoprek.

Untuk mengatasi kendala-kendala ini sebenarnya telah hadir 2 komunitas IT nasional khusus untuk para srikandi. Di komunitas mereka bisa saling kenal dengan rekan-rekan yang juga bergelut di bidang IT. Dengan bergabung di komunitas akan menambah wawasan dan pengetahuan. Nah jika tertarik untuk mengenal dunia oprek-mengoprek yang biasanya didominasi kaum pria, silakan bergabung dengan salah satu komunitas di bawah.

KLUWEK (Kelompok Linux Cewek)

Sesuai dengan namanya, komunitas ini terdiri dari sekelompok perempuan yang berkecimpung di dunia Free/Open Source Software secara umum dan Linux secara khusus. KLUWEK adalah komunitas online yang diharapkan akan menjadi tempat belajar untuk memakai, membuat kernel baru, dan mempromosikan sistem operasi berbasis Linux dan perangkat lunak free/open source lainnya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Ide didirikannya KLUWEK berawal dari event Indonesia Linux Conference (ILC) 2007 di Jogja. Kala itu dari seluruh perwakilan Kelompok Pengguna Linux dari berbagai wilayah di Indonesia hanya Kelompok Linux Arek Suroboyo (KLAS) saja yang datang dengan anggota perempuan. Suatu keadaan yang sudah menjadi pemandangan umum di berbagai komunitas Linux lainnya. Ide ini berlanjut dengan diskusi di milis KLAS. Pada akhirnya KLUWEK berdiri atas nama Indonesia bukan KLAS. Secara resmi website KLUWEK yang beralamat di kluwek.linux.or.id diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2007. Hingga saat ini KLUWEK masih eksis dan dipimpin olehNur Aini Rakhmawati.

Sebagai bukti komitmen untuk kemajuan dunia IT di Indonesia, KLUWEK telah dan akan melakukan berbagai kegiatan baik online maupun offline. Kegiatan tersebut dapat berupa workshop, webinar, pelatiha, dan kopdar para anggota KLUWEK.

ID Geek Girls

ID Geek Girls atau Indonesia Geek Girls adalah chapter sister dari SG Geek Girls dan Philippine Geek Girls. IdGeekGirls merupakan komunitas yang dijalankan oleh dan untuk geek girls di Indonesia. IdGeekGirls mempunyai tujuan memajukan semua geek girls di Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita itu, IdGeekGirls akan menjadi media untuk geek girls Indonesia saling berhubungan, bertemu, berbagi dan berdiskusi minat dan pengetahuan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan IdGeekGirls diantaranya meetup dan workshop. Selain itu IdGeekGirls juga menyediakan portal di idgeekgirls.com yang menyediakan berbagai informasi up to date untuk geek girls Indoneisa. So, tunggu apa lagi? Silakan bergabung dengan IdGeekGirls.


TAGS Linux Teknologi Komputer Geek


-

Author

Follow Me