7 Pemain Hebat Yang Tidak Pernah Ikut Piala Dunia

30 May 2013

Sepakbola merupakan olahraga paling populer di alam semesta ini. Setidaknya itu fakta yang kita ketahui bersama hingga saat ini. Mungkin suatu saat akan berubah jika ilmuwan menemukan planet lain yang dihuni dan kebetulan mereka tidak suka bola :). Nah, sebagai olahraga paling diminati tentu saja ada banyak sekali event yang berkaitan dengan sepak bola. Mulai dari kompetisi tingkat lokal semacam liga, kejuaraan regional, hingga tingkat dunia. Di antara puluhan hingga mungkin ratusan kompetisi tersebut, kemungkinan semua orang di Planet Bumi akan setuju bahwa Piala Dunia adalah ajang paling bergengsi di dunia bola. Tak ada piala lain yang lebih berharga dari pada yang satu ini. Brazil sangat beruntung dapat menjuarai kompetisi ini sebanyak 5 kali dan belum pernah absen sama sekali sejak pertama kali digelar.

Ajang Piala Dunia secara otomatis juga akan mempertemukan pemain-pemain terhebat di masanya dalam satu panggung pertunjukan. Mereka akan menjadi sorotan utama. Dipuja, dielu-elukan, dicintai, namun tak jarang pula dicaci-maki. Namun ternyata tak semua pemain besar memiliki kesempatan untuk merasakan atmosfir pertandingan di stadion Piala Dunia sebagai seorang pemain. Setidaknya tercatat 7 pemain hebat yang belum pernah ikut Piala Dunia. Siapa saja mereka?

1. George Weah

Pemain bernama lengkap George Tawlon Manneh Oppong Ousman Weah ini pernah menerima anugerah FIFA World Player of the Year dan European Footballer of the Year di tahun 1995. Dua penghargaan ini merupakan bukti keabsahan betapa hebatnya pemain yang berasal dari Liberia ini. Di level klub, George Weah pernah bermain untuk Monaco, PSG, Milan, Chelsea, Manchester City, hingga Marseille. Prestasinya pun tak main-main, ia selalu berhasil meraih gelar di setiap negara yang ia singgahi. Di Perancis ia membawa PSG menjuarai Ligue 1, di Italia bersama Milan ia meraih gelar Serie A sebanyak 2 kali, dan di Inggris setidaknya ia menjuarai FA Cup bersama Chelsea. Sayangnya hingga akhir karir, ia tak pernah mampu membawa Timnas Liberia ke Piala Dunia.

2. Eric Cantona

Pemain yang terkenal dengan insiden tendangan kunfu ini boleh jadi salah seorang pemain terbesar yang pernah dimiliki Manchester United dan Perancis. Namun satu fakta tak terbantahkan, ia belum pernah merasakan bermain di Piala Dunia sekalipun. Prestasi tertingginya bersama Perancis hanya sebatas Piala Eropa pada tahun 1992 yang diadakand di Swedia. Itu pun harus ia akhiri dengan tragis karena Perancis tidak memenangi satu pun pertandingan di babak penyisihan grup. Cantona hampir saja akan bermain di Piala Dunia 1994 seandainya tim Ayam Jantan tidak kalah 1-2 dari Bulgaria di pertandingan terakhir. Mereka sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk lolos dan bermain di kandang pada saat penentuan. Namun mereka kalah, Cantona pun harus rela tak pernah bermain di Piala Dunia sama sekali.

3. Ryan Giggs

Satu lagi legenda hidup Manchester United yang belum pernah bermain di Piala Dunia. Walaupun Giggs masih aktif bermain untuk MU dan Wales, sudah agak mustahil baginya untuk merasakan bertanding di ajang bola paling bergengsi itu. Pasalnya Wales selalu gagal dalam penyisihan Piala Dunia. Apalagi kini Giggs sudah tidak muda lagi untuk seorang pesepakbola.

4. David Ginola

Ia disalahkan sebagai pemain yang paling bertanggung jawab atas kegagalan Perancis lolos ke Piala Dunia 1994. Kala itu, Perancis yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos sedang bermain di kandang sendiri menghadapi Bulgaria. Skor imbang 1-1 hingga menit-menit akhir sepertinya akan membawa Ayam Jantan ke pentas Piala Dunia, celakanya satu kesalahan yang dibuat David Ginola berakibat fatal. Ia kehilangan bola, Bulgaria melakukan serang balik dan berhasil menyarangkan gol. Kedudukan berubah, Perancis 1-2 Bulgaria. Harapan pun sirna. Seluruh publik Perancis menyalahkannya, memaksanya untuk pindah ke Inggris dan bermain untuk Newcastle United.

5. Dimitar Berbatov

Pemain yang pernah merumput bersama Bayer Leverkusen dan Tottenham Hotspur ini mampu menarik perhatian Sir Alex Ferguson hingga akhirnya ia pindah dari Hotspur ke Manchester United. Itu salah satu pertanda bahwa ia bukanlah pemain sembarangan. Terbukti ia berhasil membantu MU mencapai final Liga Champions, walaupun harus kalah dari 0-2 dari Barcelona. Di level tim nasional, Berbatov hanya bermain di Piala Eropa 2004 bersama Bulgaria sebagai satu-satunya turnamen yang pernah ia ikuti. Selebihnya, Bulgaria selalu gagal di babak penyisihan hingga Berbatov menyatakan pensiun dari karir internasional bersama Bulgaria.

6. Andrei Arshavin

Pemain Rusia bernama lengkapAndrey Sergeyevich Arshavin ini memulai karir sepak bolanya bersama Zenit Saint Petersburg. Di sana ia berhasil memenangkan berbagai trofi. Mulai dari Russian Premier League,Russian Premier League Cup, Russian Super Cup, UEFA Cup, hingga UEFA Super Cup. Tahun 2009, Arshavin pindah ke Arsenal dan menjadi pemain termahal yang pernah dibeli oleh The Gunners. Di Timnas Rusia, Arshavin tidak berhasil masuk Piala Dunia 2010 karena kalah di babak play off melawan Slovenia. Rusia harus tersingkir walaupun hasil akhir agregat 2-2. Mereka kalah agresivitas gol tandang dari Slovenia yang berhasil mencetak satu gol di kandang Rusia.

7. Gareth Bale

Pemain yang dikabarkan sedang diminati Real Madrid ini merupakan salah satu pemain muda berbakat yang dimiliki Wales. Hingga saat ini Bale yang terkenal memiliki kecepatan dan dribel bola belum mampu membawa negaranya ke Piala Dunia. Karena usianya yang masih cukup muda, ia masih mempunyai kesempatan untuk merasakan panasnya atmosfir penuh gengsi di Piala Dunia.


TAGS Piala Dunia Sepak Bola Bola Legendaris


-

Author

Follow Me